Kirab Bendera Merah Putih Dari Monas ke IKN Dimulai, Simak Prosesnya

oleh -437 Dilihat
Kirab Bendera Merah Putih Dari Monas ke IKN Dimulai, Sabtu (10/8/2024). (ist)

KILASBABEL.COM – Sekretariat Presiden menggelar kirab duplikat bendera pusaka Merah Putih dan naskah teks Proklamasi pada Sabtu (10/8/2024).

Kirab diawali dari lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat menuju ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dan akan berlanjut ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana mengatakan, kirab dimulai pukul 08.00 WIB. “Acara akan dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB, atau pukul 09.00 WITA,” ujar Yusuf di Lapangan Monas pada Sabtu pagi.

Menurut Yusuf, agenda kirab duplikat bendera merah putih dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.
Kirab melibatkan 180 abang-none Jakarta, 122 orang purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Jakarta dan siswa-siswi IPDN, Poltek dan Pamong Praja. Selain itu ditampilkan pula kesenian lokal untuk bersama-sama mengiringi kirab.
Rute kirab
Yusuf menjelaskan, kirab duplikat bendera Merah Putih dan naskah teks Proklamasi digelar setiap tahun sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI. Hanya saja untuk HUT ke-79 RI kali ini kirab dilakukan dengan rute yang berbeda.
“Biasanya (kirab) dari Monas ke Istana Merdeka. Kali ini kita akan menciptakan sejarah karena kirab dari Monas menuju IKN,” kata Yusuf.
“Dari Monas kita akan melakukan perjalanan ke Halim Perdanakusuma melewati patung kuda, Jalan Thamrin, Bundaran HI, Semanggi, terus sampai Halim Perdanakusuma,” jelasnya.
Adapun kirab dari Monas ke Halim Perdanakusuma akan memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh kira-kira 14 kilometer.
Bendera dibawa pakai Maung
Menariknya, bendera duplikat dan teks Proklamasi akan menggunakan kendaraan taktis Maung buatan Pindad kita sekaligus menggunakan produksi dalam negeri Yusuf mengatakan, kirab kali ini juga merupakan momentum pertama kalinya duplikat bendera pusaka dan naskah Proklamasi dibawa ke luar Jakarta.
Selain itu juga pertama kalinya duplikat bendera dan naskah proklamasi dibawa ke IKN.

Sumber : kompas.com

No More Posts Available.

No more pages to load.