Pemkot Pangkalpinang Gelar Deklamasi Puisi Kemerdekaan di Titik Nol Kilometer, Pj Wako, Forkopimda & Kepala OPD Tampil Memukau

oleh -313 Dilihat
Jajaran Forkopimda Kota Pangkalpinang dan perwakilan kepala OPD saat tampil di Panggung Deklamasi Puisi Kemerdekaan, Jumat (16/8/2024) di Tugu Titik Nol Kilometer. (ist)

KILASBABEL.COM – Memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Panggung Deklamasi Puisi Kemerdekaan di Tugu Titik Nol Kilometer, Jumat (17/8/2024) malam.

Kegiatan tersebut diikuti langsung oleh Pj. Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama, Pj. Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang Yuniar Budi Utama, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hingga perwakilan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Kegiatan yang dipandu oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang Dr. Hj. Eti Fahriaty, M.Pd tersebut tak ayal menarik perhatian masyarakat dan para pengguna jalan yang melintas di kawasan Alun-Alun Taman Merdeka tersebut.

Suasana di awal acara langsung pecah dengan pembacaan puisi dari Pj. Wali Kota Pangkalpinang yang berjudul Diponegoro karya Chairil Anwar. Tak mau kalah dengan sang suami, istri Pj. Wali Kota Yuniar Budi Utama tampil memukau dan bahkan mendapat perhatian luar biasa dari para penonton dimana ia membawakan puisi kolosal Kerawang-Bekasi dengan penjiwaan dan emosi yang sangat baik.

Tak hanya itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pangkalpinang Dr. Sri Heni Alamsari, MH, Kepala BNN Kota Pangkalpinang Ardi Effendi, Kepala Pengadilan Negeri Pangkalpinang, Kepala Pengadilan Agama Kota Pangkalpinang, perwakilan Polresta Pangkalpinang hingga Dandim 0413 Bangka saling bersambut membacakan puisi bertemakan perjuangan dan kemerdekaan.

Jajaran Forkopimda Kota Pangkalpinang dan perwakilan kepala OPD saat tampil di Panggung Deklamasi Puisi Kemerdekaan, Jumat (16/8/2024) di Tugu Titik Nol Kilometer. (ist)

Pj. Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama dalam sambutan singkatnya mengatakan, Deklamasi Puisi Kemerdekaan di Malam Renungan Suci Peringatan HUT RI di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang tersebut baru pertama dilaksanakan. Ia menyampaikan atensi dan terima kasih kepada seluruh jajaran forkopimda mapun kepala OPD yang berkenan berpartisipasi.

“Terima kasih kami sampaikan kepada jajaran forkopimda dan kepala OPD yang berkenan ikut bersama membacakan puisi-puisi perjuangan di Tugu Titik Nol Kilometer ini. Tentu tak lupa juga saya sampaikan banyak-banyak terima kasih kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang Ibu Eti Fahriaty yang sudah menginisiasi serta menyelenggarakan kegiatan ini dengan sangat luar biasa. Kita berharap, melalui pembacaan puisi ini, dapat mengingatkan kita kembali sekaligus mengenang jasa-jasa para pahlawan pendahulu kita. Khusus untuk Kota Pangkalpinang, mari bersama kita wujudkan Pangkalpinang, Kota Pangkal Kemenangan,” ungkap Budi.

Jadi Agenda Tahunan

Perwakilan Paskibraka Kota Pangkalpinang turut berpartisipasi pada Panggung Deklamasi Puisi Kemerdekaan, Jumat (16/8/2024) di Tugu Titik Nol Kilometer. (ist)

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang Dr. Hj. Eti Fahriaty, M.Pd berharap, Panggung Deklamasi Puisi Kemerdekaan dapat terus dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan pada momen 17 Agustus. Ia menekankan, bahwa budaya literasi di daerah bukan hanya milik masyarakat, namun juga seluruh pemangku kepentingan terutama di lingkup instansi pemerintah.

“Bersyukur luar biasa kepada Allah SWT, kegiatan malam ini berjalan dengan sangat baik dan bahkan sangat luar biasa. Dari yang hanya sebatas acara sederhana, dengan persiapan seadanya, namun seiring pelaksanaan, ternyata atensi dan partisipasi dari forkopimda hingga kepala-kepala OPD sungguh di luar prediksi. Tentu sukses besar kegiatan ini tak lepas dari dukungan Bapak Pj. Wali Kota yang konsen dalam pengembangan budaya literasi daerah. Kami berharap, kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan dan dilaksanakan setiap momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” terang Hj. Eti.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.