Goyangan Barongsai Hibur Masyarakat saat Sembahyang Rebut di Desa Rebo

oleh -160 Dilihat
Barongsai turut memeriahkan perayaan sembahyang rebut atau Cit Ngiat Pan di Kelenteng Jaya Bhakti Desa Rebo, Minggu (18/8/2024). (rri.co.id)

KILASBABEL.COM – Sejumlah kelompok barongsai turut memeriahkan perayaan sembahyang rebut atau Cit Ngiat Pan di Kelenteng Jaya Bhakti Desa Rebo, Minggu (18/8/2024).

Suasana kelenteng semakin semarak dengan digelarnya pertunjukan barongsai yang berhasil menghibur warga. Baik anak-anak hingga orang dewasa tampak antusias menyaksikan atraksi pemain barongsai.

Salah satu kelompok barongsai yakni Fung Liung asal Desa Rebo menjadi kelompok yang tampil pertama. Pertunjukan yang dimulai pada sore hari menampilkan gerakan lincah dan energik diiringi tabuhan genderang dan simbal yang riuh.

Ketua Kelompok Barongsai Fung Liung Arya Sukama Deva mengatakan, selain untuk menghibur warga yang datang ke kelenteng, mereka juga datang untuk sembahyang.

“Kami datang delapan orang, empat orang main barongsai sisanya main musik ini. Memang untuk hiburan tapi kami ke sini untuk sembahyang yang utamanya,” jelas Arya Sukuma Deva sebagaiana dikutip dari rri.co.id.

Sembahyang rebut ini menjadi momen kedua bagi Kelompok Barongsai Fung Liung tampil di Kelenteng Jaya Bhakti. Menurutnya, setiap tampil di kelenteng selalu disambut ramai dan antusias warga yang datang.
“Barongsai bukan saja sebagai hiburan tapi juga bisa dibilang sebagai simbol keberuntungan. Makanya setiap acara ada barongsai pasti ramai,” ujarnya.

Pertunjukan barongsai di Kelenteng Jaya Bhakti menjadi salah satu daya tarik dalam oerayaan sembahyang rebut, sekaligus mempertegas pentingnya melestarikan tradisi budaya yang telah diwariskan turun-temurun.​ (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.