Malam Ini Puncak Sembahyang Rebut di Bangka

oleh -298 Dilihat
Sembahyang Rebut di salah satu tempat ibadah. (ist)

KILASBABEL.COM – Warga Keturunan Tionghoa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar tradisi Chit Ngiat Pan atau Sembahyang Rebut, Minggu (18/8/2024) malam. Salah satunya kelenteng Lo Hap Miau Desa Merawang Kabupaten Bangka.

Pengurus Kelenteng Lo Hap Miau Desa Merawang Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Ko Ato mengatakan, perayaan puncak dilaksanakan hari ini bertepatan dengan tanggal 15 bulan 7 Imlek dalam Kalender Chinese (Lunar).

“Selesai perayaan 17 Agustus, semuanya sama bertepatan dengan tanggal 18 Agustus malam,” kata Ko Ato sebagaimana dikutip dari rri.co.id, Minggu (18/8/2024).

Namun kata dia, perayaan tradisi leluhur ini biasanya dari beberapa kelenteng yang ada sudah dilakukan sejak kemarin, Sabtu (18/8/2024), dan ada yang dimulai 14 Agustus sebelumnya.

“Biasanya dari berbagai kelenteng yang ada di Kabupaten Bangka, sudah merayakan berbagai acara dari hari sebelumnya,” ucapnya.

Ko Ato menjelaskan, tradisi puncak sembahyang rebut yang akan dilakukan pada malam puncak pukul 00.00 WIB, ada perebutan sesaji diakhir pembakaran patung Tai Se Ja di halaman kelenteng masing-masing.

“Patung Tai Se Ja ini dipercaya sebagai simbol penjaga arwah yang akan dibakar pada puncak sembahyang,” ujarnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.