Puluhan Peserta Ramaikan Gebyar Puisi Memperingati Hari Jadi ke-267 Pangkalpinang di Wilhelmina Park

oleh -242 Dilihat
Peserta Gebyar Puisi Pangkal Kemenangan yang menjadi rangkaian dalam memperingati Hari Jadi Pangkalpinang ke-267 di Wilhelmina Park Taman Sari, Rabu (4/9/2024). (ist)

KILASBABEL.COM – Gebyar Puisi Pangkal Kemenangan memperingati Hari Jadi Kota Pangkalpinang ke-267 bertempat di Wilhelmina Park Taman Sari, Rabu (4/9/2024) sukses mencuri perhatian masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang ini bahkan diikuti sedikitnya 45 peserta yang berasal dari beragam kalangan, mulai dari siswa SD, pelajar, mahasiswa hingga emak-emak turut ambil bagian. Bahkan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pangkalpinang Yuniar Putia Rahma tak mau kalah dengan para peserta dan sukses membawakan puisi fenomenal milik W.S Rendra yang berjudul “Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia.”

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pangkalpinang Akhmad Subekti mewakili Penjabat Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama. Dalam sambutannya, Subekti menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah menginisiasi dan mewadahi para penikmat sastra untuk tampil berdeklamasi. Ia menilai, kegiatan tersebut memberikan nilai positif kepada Kota Pangkalpinang sebagai kota yang peduli literasi.

“Kita semua berharap, kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi wadah kreasi serta eksistensi masyarakat yang menyenangi sastra. Melalui kegiatan ini, kita menginginkan momentum hari jadi Pangkalpinang yang ke-267 menjadi tonggak sejarah, catatan positif yang menunjukkan bahwa Pangkalpinang adalah kota yang peduli terhadap literasi,” ungkap Subekti.

Kegiatan Positif untuk Masyarakat

Pj. Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang, Yuniar Putia Rahma menjadi deklamator Gebyar Puisi Pangkal Kemenangan yang menjadi rangkaian dalam memperingati Hari Jadi Pangkalpinang ke-267 di Wilhelmina Park Taman Sari, Rabu (4/9/2024). (ist)

Senada dengan Akhmad Subekti, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pangkalpinang Yuniar Putia Rahma mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah menginisiasi gebyar puisi. Dia menyebut, kegiatan ini merupakan improvisasi dinas untuk melestarikan budaya dan juga sastra yang ada di Kota Pangkalpinang.

“Mudah-mudahan ini menjadi pemantik bagi para seniman, khususnya para pecinta puisi dan deklamasi. Ini sebagai salah satu wadah yang bisa dimanfaatkan,” ucapnya.

Yuniar menjelaskan, gebyar puisi dibuka untuk umum dan masyarakat yang ingin berpartisipasi diperkenankan untuk bergabung.

Pj. Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang, Yuniar Putia Rahma swafoto bersama perwakilan peserta Gebyar Puisi. (ist)

“Alhamdulillah dari masyarakat rupanya animonya cukup luar biasa. Sudah 45 yang daftar dan ingin berpartisipasi. Rupanya banyak cikal bakal bibit-bibit bisa berpuisi, bisa berdeklamasi dan sistem tampilnya juga sudah diatur,  ada perorangan dan grup,” jelas Yuniar.

Yuniar berharap ke depan kegiatan-kegiatan yang serupa atau bahkan lebih baik dapat digalakkan untuk meningkatkan kualitas dan pengembangan literasi dan juga melestarikan sastra yang ada di Kota Pangkalpinang.

Persembahan untuk Pangkalpinang

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Hj. Eti Fahriaty saat menyampaikan laporan kegiatan.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Hj. Eti Fahriaty dalam laporannya menyampaikan, bahwa atensi masyarakat untuk bergabung dalam kegiatan Gebyar Puisi tersebut cukup luar biasa.

“Kurang lebih peserta yang akan tampil nanti sebanyak 45 orang. Peserta ini beragam, mulai dari siswa SD, pelajar, mahasiswa, guru bahkan emak-emak komunitas. Kami bersyukur kegiatan ini mendapat perhatian yang luar biasa dari berbagai pihak. Inilah persembahan kami untuk Kota Pangkalpinang di momen hari jadinya yang ke-267,” ungkap Hj. Eti. (Mg7)

No More Posts Available.

No more pages to load.