Kemenko PMK Khawatir Permainan Tradisional Makin Menghilang

oleh -545 Dilihat
Salah satu permainan tradisional Tak-Tek. (net)

KILASBABEL.COM – Asisten Deputi Pemajuan dan Pelestarian Kebudayaan Kemenko PMK, Andre Notohamijoyo mengaku khawatir permainan tradisional makin menghilang dari peredaran. Itu yang menjadi  tujuan pihaknya menggelar Festival permainan tradisional pada 4-5 September 2024 di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurutnya, perkembangan tehnologi informasi menjadi penyebab utama makin jarangnya permainan tradisional dimainkan seperti dulu. Anak-anak sekarang lebih suka bermain game di gadget atau menikmati konten lainnya.

“Selain itu, makin berkurangnya ruang terbuka hijau (RTH) juga menjadi penyebab berkurangnya lahan bermain anak-anak yang ikut menggerus permainan tradisional. Padahal permainan tradisonal adalah bagian dari sejarah dan kekayaan budaya bangsa,” katanya dalam perbincangan dengan RRI Pro3, Sabtu (7/9/2024).

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah mendorong agar permainan tradisional ini tidak punah dan hilang. Upaya bersama semua elemen masyarakat perlu dibangkitkan kembali untuk upaya pelestarian tersebut.

“Upaya itu bisa dimulai dari sekolah-sekolah berbagai tingkatkan yang mulai melakukan kompetisi permainan tradisonal. Dari mulai kompetisi antar kelas, sampai nanti antar sekolah tingkat lokal dan nasional,” kata Andre lagi.

Menurut Andre, upaya ini diharapkan dapat membuat anak-anak akan lebih mengenal dan menyukai permainan tradisional. Diantaranya permainan tradisional seperti Gasing, Gundu, Engrang, dan lainnya.”

Dalam rangka melestarikan permainan tradisonal, sebut dia, Kemenko PMK juga menggelar Festival permainan tradisional dari 4-5 September 2024 di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Balikpapan, Kalimantan Timur. Festival tersebut merupakan awal dari rangkaian Festival Harmoni Budaya Nusantara (FHBN).

Andre menyatakan, festival dan lomba permainan tradisional merupakan sebuah sarana edukasi yang efektif serta wujud nyata pemajuan dan pelestarian kebudayaan nasional. Festival permainan tradisional dapat memperkuat kepedulian dan kecintaan terhadap keanekaragaman budaya di tanah air, khususnya permainan tradisional.

“FHBN 2024 dengan tema ‘Merajut Persatuan dalam Keberagaman’ mengusung semangat untuk menciptakan keselarasan, persatuan. Juga penghargaan berbagai budaya yang ada dalam suatu masyarakat yang beragam,” ujarnya.

“Di sisi lain, lomba permainan tradisional juga memperkuat nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya. Yakni seperti sportivitas, kepercayaan diri, kepribadian yang tangguh, dan nilai lainnya yang selaras dengan nilai-nilai Revolusi Mental,”ucapnya.

 

 

Sumber : rri.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.