Akhirnya 130 Sekolah di Beltim Sudah Terpasang Jaringan Internet

oleh -167 Dilihat
Peluncuran jaringan internet di SDN 8 Nyuruk, Kecamatan Dendang Beltim. (Foto: RRI/Triya)

KILASBABEL.COM – Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur meluncurkan Jaringan Internet Sekolah dalam rangka mendukung transformasi pembelajaran digital di SD Negeri 8 Dusun Tungkup Desa Nyuruk Kecamatan Dendang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim, Dedy Wahyudi mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi kepada seluruh warga sekolah, serta seluruh pihak yang berkepentingan bahwasanya Dinas Pendidikan berkomitmen untuk mendukung tranformasi digital pendidikan.

“Hingga saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim sudah memasang 130 jaringan internet sekolah. Pemasangan ini bekerjasama dengan Provider Iconnet (PLN Icon Plus),” kata Dedy sebagaimana dikutip dari rri.co.id, Jum’at (20/9/2024).

Layanan jaringan Internet Sekolah melalui provider Iconnet ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Beltim tahun 2024, baik melalui pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah SD, SMP maupun Bantuan Operasional Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) senilai Rp2.759.602.250

“Saat ini sudah terpasang instalasi jaringan internet di 100 SD, 22 SMP, satu Sanggar Pendidikan Non Formal (SPNF) dan 7 TK Negeri. Namun untuk sekolah yang berada di pulau masih belum bisa terpasang,” ungkap Dedy.

Selain itu, sejak tahun 2021 Pemkab Beltim juga telah menganggarkan Pengadaan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang terdiri dari Chromebook, Proyektor, Router dan Connector melalui APBD maupun Dana Alokasi Khusus Fisik.

Dikesempatan yang sama, Bupati Beltim, Burhanudin menyatakan kehadiran jaringan internet di sekolah-sekolah menjadi langkah penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Di mana melalui jaringan internet yang handal dan cepat, proses belajar mengajar di sekolah akan semakin efektif dan modern.

“Jaringan internet dapat meningkatkan literasi digital, tidak hanya bagi siswa dan guru, tetapi juga bagi keluarga dan komunitas di sekitar sekolah. Hal ini juga akan membuka peluang lebih besar dalam mengakses informasi, pengetahuan, serta berbagai kesempatan lainnya,” ujar Aan sapaan Burhanudin. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.