Angin Kencang Rusak Dua Rumah Warga di Pemali dan Mangka

oleh -163 Dilihat
Foto : ilustrasi. (net)

KILASBABEL.COM – Dua rumah mengalami kerusakan setelah diterpa angin kencang yang menerjang wilayah Kabupaten Bangka pada Senin 23 September kemarin. Beruntungnya tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, namun sebagian atap kedua rumah tersebut mengalami kerusakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Rusmansyah ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa korban angin kencang terletak di dua desa, yakni Desa Pemali dan Desa Pemali, Kecamatan Pemali dan Desa Mangka, Kecamatan Bakam.

Rusmansyah mengimbau kepada pihak pemerintah desa setempat agar secepatnya mengajukan proposal bantuan untuk perbaikan rumah kepada Pemkab Bangka melalui BPBD.

“Kami juga mengimbau kepada pemerintah desa agar terus mengaktifkan Destana (desa tanggap bencana) karena informasi tersebut sangat penting agar segera diketahui dengan cepat dan bisa memberikan perlindungan kepada masyarakat,” ujar Rusmansyah sebagaimana dikutip dari rri.co.id, Selasa (24/9/2024).

Rusmansyah menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mendirikan rumah agar memperhatikan kekuatan pada bagian atap untuk mengurangi risiko kerusakan saat terjadi angin kencang.

Sementara itu, Camat Bakam Ridwan mengatakan angin kencang merusak rumah di Desa Mangka mengakibatkan sebagian atap rumah rusak. Namun pemilik rumah telah mendapat bantuan dari pemerintah desa melalui dana darurat desa.

“Saya sudah berkoordinasi ke BPBD dan pihak pemerintah desa sudah membantu dengan dana desa khusus kebencanaan makanya kita serahkan ke desa untuk proses rehabilitasi rumah tersebut,” ujar Ridwan.

Ridwan berharap kepada warga untuk tetap waspada terhadap potensi bencana yang terjadi di peralihan musim. Pemerintah desa juga diimbau untuk cepat melakukan koordinasi bila terjadi bencana di wilayahnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.