Registrasi SIM Card HP Diperketat, Kemenkominfo Tambah Fiture Ini

oleh -184 Dilihat
Kemenkominfo Tambah Keamanan Data pada Registrasi Kartu SIM. (Foto : suara.com)

KILASBABEL.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menambah keamanan data dalam registrasi nomor telepon seluler (ponsel). Hal itu disampaikan Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI), Wayan Toni Supriyanto.

Ia mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem biometrik face recognition atau pengenalan wajah dalam pendaftaran kartu SIM telepon seluler. Sebelumnya, registrasi nomor HP dilakukan dengan menggunakan data Nomor Indosat Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NoKK).

“Saat registrasi online maupun sendiri, dengan adanya face recognition, nanti ditambah sehingga NIK NoKK ditambah wajah aslinya. Jadi, tidak ada lagi penipuan-penipuan,” kata Wayan saat ditemui awak media, di Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Menurut dia, jika hanya menggunakan data masyarakat, seringkali terjadi penyalahgunaan. Sehingga, dengan tambahan keamanan data saat registrasi nomor ponsel, akan memberikan rasa keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat.

“Dengan adanya identitas yang valid, adanya bukti NIK dan Nokk yang digunakan, masyarakat justru akan lebih aman. Karena ponsel tidak mungkin digunakan orang-orang yang tidak berkepentingan,” ujarnya menjelaskan. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.