Sebab Kekalahan Timnas Indonesia dari Tiongkok

oleh -105 Dilihat
Para pemain Timnas Tiongkok merayakan gol pertama ke gawang Indonesia dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (15/10/2024) (Foto: Xinhua)

KILASBABEL.COM – Penyebab kekalahan Timnas Indonesia dari Tiongkok coba dianalisis Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu pada dasarnya mengakui kekalahan yang diderita Thom Haye dan kawan-kawan.

Indonesia menelan kekalahan 1-2 dari Tiongkok. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Pemuda, Qingdao, Selasa (15/10/2024).

Kehilangan poin membuat toleransi Indonesia menderita kekalahan di kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga ini makin sedikit. Apalagi, Indonesia baru mengoleksi 3 poin, hasil dari seri tiga kali dan kalah sekali, yang artinya belum pernah menang.

Indonesia kebobolan gol pertama pada menit ke-21. Gol Behram Abduweli itu berawal dari ‘clearence’ sembrono Shayne Pattynama.

Gawang Maarten Paes bobol lagi saat ada celah di garis pertahanan. Momen itu terjadi pada menit ke-44, saat Zhang Yuning leluasa mengarahkan bola datang ke pojok kanan gawang.

“Kami seharusnya lebih konsentrasi saat Tiongkok mencetak gol pertama,” kata Shin Tae-yong, usai partai melawan Tiongkok, semalam. Buat skuad Tiongkok, mampu mencetak gol pertama membuat mereka ada di atas angin.

“Dan, kami tidak seharusnya kehilang penguasaan bola sebelum gol kedua Tiongkok,” ucap Shin Tae-yong. Gol kedua membuat Indonesia seperti berat mengejar ketertinggalan.

Gol Thom Haye di pengujung laga bisa dikatakan telat. Itu karena Tiongkok bertahan makin dalam.

Tambahan waktu 9 menit pada babak kedua, tidak mampu menolong Indonesia. Tiongkok berupaya mati-matian untuk terus menyapu bola di garis pertahanannya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.