Perkuat Sinergi Bersama Media, PLN UIW Babel Ajak Jurnalis Kunjungi Gardu Induk Dukong Belitung

oleh -95 Dilihat
Puluhan wartawan saat mendengarkan penjelasan terkait Sistem Transmisi dan Gardu Induk Belitung dari Manager PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk Belitung, Teddy Mardona saat berkunjung ke Gardu Induk Dukong Belitung, Jumat (18/10/2024).(Foto/Nugraha)

KILASBABEL.COM, BELITUNG – Dalam rangka memperkuat sinergitas dengan media, PLN UIW Babel mengajak para Jurnalis Media yang terlibat kerjasama untuk mengunjungi Gardu Induk (GI) Dukong yang berada di Jalan Dukong Kabupaten Belitung pada Jumat, (18/10/2024).

Kedatangan para awak media disambut oleh Manager PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk Belitung, Teddy Maradona, kemudian Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Babel, Wayan Budi Laksana, dan Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Babel, Anton Wahyu Utomo.

Manager PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk Belitung, Teddy Maradona, menjelaskan bahwa secara garis besar fungsi dari Gardu Induk yang berada di Jalan Dukong tersebut yakni untuk melakukan transfer daya dari daya tegangan tinggi menjadi tegangan menengah, kemudian dari tegangan menengah disesuaikan kembali menjadi tegangan yang sesuai untuk disalurkan kepada pelanggan.

“Kami ucapkan selamat datang dan mohon maaf jika ada kekurangan, semoga kunjungan teman-teman awak media mendapat kesan yang baik dari sini, sebenarnya secara garis besar cara kerja Gardu Induk atau GI Dukong ini adalah untuk mentransfer daya tegangan tinggi yang diterima dari PLTU Suge sebagai sumber utama menjadi tegangan menengah yakni 20 KV yang kemudian kita sesuaikan lagi sehingga ketika sampai pada pelanggan di rumah-rumah warga yang kita distribusikan menjadi tegangan 220 Volt,” jelas Teddy.

Dirinya menambahkan bahwa jumlah trafo untuk di Kabupaten Belitung sendiri yakni berjumlah 6 (enam) trafo yang terbagi di 3 daerah yaitu terletak di Gardu Induk (GI) Suge, kemudian GI Dukong, dan satunya lagi GI Manggar.

“Jumlah trafo di Kabupaten Belitung ada 6 trafo, terbagi di 3 daerah yakni pada GI Suge, GI Dukong, dan GI Manggar, untuk GI Suge sendiri memiliki kapasitas trafo 3×30 dengan rata-rata beban 40 MW, kemudian GI Dukong memiliki kapasitas trafo 2×30 dengan rata-rata beban 27 MW, dan terakhir GI Manggar memiliki kapasitas trafo 1×30 dengan rata-rata beban yang dimiliki yakni 12 MW,” terang Teddy selaku Manager PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk Belitung.

Untuk pendistribusian listrik sendiri Teddy menjelaskan bahwa distribusi listrik di salurkan melalui jaringan transmisi dengan panjang 180,48 kms dua sirkit dengan total beban daya transfer sebesar 40 MW.

“Pendistribusian listrik dengan sistem 70 KV Radial dengan aliran penyaluran energi dari GI Suge, GI Dukong, GI Manggar dengan total beban daya transfer dari GI Suge sebesar 40 MW, panjang jaringan transmisi 180,48 kms dua sirkit dengan rincian SUTT Suge-Dukong sepanjang 40,48 kms (83 Tower) dan SUTT Dukong-Manggar sepanjang 140 kms (386 Tower),” ungkap Teddy.

Manager PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk Belitung itu juga menyebutkan bahwa kondisi 3 Gardu Induk (GI) di Kabupaten Belitung dengan total kapasitas trafo 180 MVA tersebut dalam kondisi normal untuk melayani pelanggan.

“Kondisi 3 Gardu Induk (GI) yang berada di Kabupaten Belitung dengan total kapasitas trafo 180 MVA tersebut dalam kondisi normal untuk melayani pelanggan saat ini, tentunya kita akan terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” pungkasnya.(nuggi3)

No More Posts Available.

No more pages to load.