Waspadai Penipuan Progam Dana Bantuan Masyarakat dari BPJS

oleh -217 Dilihat
Sumber Foto : Kemenkominfo.

KILASBABEL.COM – Beredar sebuah unggahan video di Facebook dengan informasi, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) akan memberikan bantuan. Tercatat, bantuan yang diberikan senilai Rp25 Triliun ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia kurang mampu.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut, masyarakat diimbau mengirimkan unggahan dokumen berupa KTP, KK, dan buku tabungan. Setelah menyiapkan dokumen tersebut, masyarakat diminta untuk mengisi tautan yang diberikan.

Unggahan Facebook yang sempat meresahkan masyarakat Indonesia itu, membuat tim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan penelusuran. Tim Cek Fakta mencari pemberitaan di Google soal BPJS memberikan bantuan tunai kepada masyarakat, Kamis (16/10/2024).

Faktanya, setelah dilakukan investigasi, video tersebut merupakan hasil manipulasi yang ditambahkan audio dan narasi tertulis. Selain itu, pada akun Instagram resmi BPJS Kesehatan @bpjskesehatan_ri tidak ditemukan pengumuman diadakannya bantuan.

Atas itu,!BPJS Kesehatan mengimbau masyarakat mewaspadai segala bentuk informasi yang beredar. Pihaknya menyarankan untuk mengakses informasi resmi hanya melalui www.bpjs-kesehatan.go.id. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.