Harga Cabai di Pasar Tanjungpandan Belitung Turun

oleh -295 Dilihat
Istimewa.

KILASBABEL.COM – Harga cabai di Pasar Induk Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, mengalami sedikit penurunan. Penurunan harga ini disebabkan oleh banyaknya pasokan stok cabai dari luar daerah maupun petani lokal.

Jumin, salah satu pedagang di pasar tersebut mengungkapkan, harga cabai kecil saat ini turun menjadi Rp8.000 per ons atau sekitar Rp75.000 per kilogram.

“Ini cabai lokal baru panen, tapi harganya turun karena banyak pasokan dari lokal maupun dari Jakarta,” ujar Jumin saat ditemui pada Jumat (18/10/2024).

Penurunan harga tersebut, menurut Jumin, juga dipengaruhi oleh lebih cepatnya kapal pengangkut pasokan dari Jakarta yang tiba di Belitung, berbeda dengan waktu sebelumnya yang cenderung lebih lama.

Selain cabai kecil, harga cabai keriting juga mengalami penurunan. Saat ini, harga cabai keriting di pasaran mencapai Rp36.000 per kilogram, lebih rendah dibandingkan harga sebelumnya yang mencapai Rp48.000 per kilogram.

“Memang harga juga tergantung kondisi dan faktor cuaca, kalau cuaca buruk, gagal panan kapal lama masuk jadi harga mahal,” tuturnya.

Sementara itu, salah pembeli, Nurhayati yang juga merupakan warga Tanjung Pandan, menyambut baik penurunan harga tersebut. Ia berharap harga cabai dapat terus stabil dan tidak lagi mengalami kenaikan yang signifikan.

“Alhamdulillah, kami sebagai pembeli tentu sangat diuntungkan, apalagi kalau harganya bisa stabil. Semoga ke depannya tidak sering naik turun lagi,” ujar Nurhayati.

No More Posts Available.

No more pages to load.