Bawaslu Pangkalpinang Ajak Insan Pers dan Elemen Masyarakat Ikut Berpartisipasi Aktif Awasi Pilkada Serentak 2024

oleh -101 Dilihat
Suasana sosialisasi pengawasan tahapan kampanye pemilihan kepala dareah serentak tahun 2024 yang dilaksanakan Bawaslu Pangkalpinang di Swissbell Hotel Pangkalpinang, Rabu (23/10/2024).(Foto/Nugraha)

KILASBABEL.COM, PANGKALPINANG – Memasuki proses tahapan kampanye pada Pilkada Serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang menggelar Sosialisasi Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 pada Rabu, (23/10/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Swissbell Hotel tersebut bertujuan untuk mengajak para awak media, organisasi wartawan, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, perwakilan pemerintah daerah, dan juga perwakilan dari partai politik pengusul calon kepala daerah untuk bersama-sama aktif dalam mengawasi berjalannya proses demokrasi yang sedang berlangsung.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas (HPPH) Bawaslu Kota Pangkalpinang, Wahyu Saputra, menegaskan pentingnya proses pengawasan dalam hal memastikan agar seluruh aturan pemilu dapat berjalan sesuai dengan prosedur.

“Kegiatan sosialisasi tahapan kampanye ini merupakan upaya Bawaslu Kota Pangkalpinang untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut melakukan pengawasan bersama dalam Pilkada Serentak Tahun 2024, baik dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, serta Gubernur dan Wakil Gubernur,” sebut Wahyu.

Wahyu menambahkan bahwa peran penting berbagai elemen seperti elemen organisasi pers dan awak media misalnya sebagai mitra strategis Bawaslu sangat penting dalam memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.

Menurut Wahyu, media memiliki posisi krusial dalam membantu mengawasi jalannya proses demokrasi sehingga dapat berjalan sesuai dengan harapan.

“Pengawasan tahapan kampanye itu sangat penting karena mencerminkan nilai demokrasi, melalui kegiatan Sosialisasi Pengawasan ini kami berharap media dapat berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi dan mengedukasi mengenai tahapan kampanye, serta dapat menjadi jembatan informasi antara penyelenggara pemilu dan masyarakat,” tambahnya.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas (HPPH) Bawaslu Kota Pangkalpinang tersebut berharap awak media dapat membantu memberikan informasi yang luas terkait seluruh proses tahapan kampanye, mulai dari tahapan pencalonan hingga hari pemungutan suara berlangsung pada tanggal 27 November mendatang.

“Kami berharap melalui sinergi dengan para awak media dan stakeholder lainnya yang ada di Kota Pangkalpinang dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di Kota Pangkalpinang untuk menggunakan hak pilihnya secara bebas sesuai dengan hati nurani mereka,” ungkap Wahyu.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri, juga menekankan pentingnya kolaborasi antara Bawaslu dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk organisasi masyarakat dan para awak media agar edukasi terkait informasi mengenai proses tahapan kampanye dapat disampaikan dengan tepat sesuai aturan demi berjalannya Pilkada Serentak Tahun 2024 yang baik dan lancar.

“Tahapan kampanye harus kita awasi bersama, namun karena adanya keterbatasan jumlah personel di Bawaslu itu sendiri maka kami juga perlu dukungan kawan-kawan di semua pihak untuk sama-sama ikut berpartisipasi dalam mengawasi proses Pilkada Serentak Tahun 2024 ini hingga usai nanti demi terwujudnya proses demokrasi yang adil dan berjalan baik,” pungkasnya. (nuggi3)

No More Posts Available.

No more pages to load.