Langkah Hijau PT Timah: Pengelolaan Lingkungan untuk Masa Depan yang Berkelanjutan

oleh -111 Dilihat
Istimewa

KILASBABEL.COM, PANGKALPINANG – PT Timah terus menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian dan keberlanjutan lingkungan hidup melalui berbagai program pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup di seluruh wilayah operasionalnya.

Sebagai perusahaan yang bergerak langsung dengan alam, PT Timah berkomitmen untuk memitigasi risiko dan dampak lingkungan melalui penerapan pengelolaan dan pemantauan lingkungan, serta kegiatan mitigasi perubahan iklim.

Upaya ini meliputi pengelolaan dan pemantauan kualitas air dan udara, pelestarian keanekaragaman hayati, dan memastikan produksi yang bertanggung jawab dengan meminimalkan limbah untuk mencapai dekarbonisasi.

Selain itu, pengelolaan lingkungan perusahaan mencakup konservasi keanekaragaman hayati di area pertambangan, reklamasi pascatambang, dan rehabilitasi. Tujuannya adalah untuk mendukung operasi yang ramah lingkungan dan memenuhi target kinerja keberlanjutan.

Upaya lingkungan utama seperti konservasi keanekaragaman hayati, efisiensi air, pengurangan emisi gas rumah kaca, dan dekarbonisasi, beserta produksi yang bertanggung jawab, ditujukan untuk menurunkan emisi dan mendukung target Net Zero Emission. Melalui pengelolaan lingkungan terpadu, PT Timah berkomitmen untuk mewujudkan operasi yang ramah lingkungan.

Sebagai bagian dari Holding Industri Pertambangan MIND ID, PT Timah mengintegrasikan upaya pelestarian lingkungan dan perlindungan keanekaragaman hayati baik fauna maupun flora di seluruh wilayah operasionalnya.

Untuk reklamasi, PT Timah melaksanakan reklamasi darat dan laut di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau. Reklamasi darat meliputi revegetasi dan penanaman, sedangkan reklamasi laut meliputi inisiatif seperti terumbu buatan, restocking cumi-cumi, tempat perlindungan ikan, transplantasi karang, penghalang erosi, penanaman bakau, dan restocking kepiting, serta pemantauan kualitas air laut.

Perubahan iklim yang ekstrem menimbulkan tantangan yang signifikan terhadap kelancaran operasional. Untuk mengatasi hal ini, PT Timah telah mengoptimalkan kegiatan dekarbonisasi, yang meliputi inisiatif efisiensi dan pengurangan energi yang bertujuan untuk menurunkan emisi, di samping praktik penambangan yang ramah lingkungan dan produksi yang bertanggung jawab untuk mengurangi limbah.

Perusahaan juga berupaya mengatasi perubahan iklim melalui penelitian dan pengembangan teknologi ramah lingkungan yang sejalan dengan kebutuhan operasional, dengan fokus pada pengurangan emisi karbon dan pemantauan tingkat emisi serta kualitas udara sekitar. PT Timah telah melaksanakan program-program seperti optimalisasi energi biodiesel dan penggantian sumber energi beremisi tinggi dengan alternatif beremisi rendah.

Solusi berbasis alam menjadi prioritas lain, dengan inisiatif seperti konservasi keanekaragaman hayati (penanaman bakau, penebaran kembali cumi-cumi dan kepiting bakau, transplantasi karang, terumbu karang/tempat berlindung ikan buatan), penggunaan mesin ramah lingkungan, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya, reklamasi lahan pasca penambangan, dan program lingkungan lainnya.

Selain memitigasi risiko terkait iklim, PT Timah juga memanfaatkan peluang untuk mendukung upaya dekarbonisasi, seperti mengurangi konsumsi energi fosil melalui peningkatan efisiensi energi. Perusahaan menggunakan energi ramah lingkungan dalam operasinya dan mengurangi karbon untuk mendorong praktik bisnis berkelanjutan.

PT Timah juga berinvestasi pada aset berteknologi tinggi yang ramah lingkungan dan mengembangkan bisnis energi terbarukan, seperti penerapan PLTS 3 MWp di pabrik peleburan Mentok, penggunaan Biodiesel hingga B100, substitusi bahan bakar fosil dengan sumber energi terbarukan, serta perombakan dan modifikasi peralatan pertambangan. Perusahaan juga mengonversi peralatan pengangkat dan pengangkut dari bahan bakar fosil ke energi listrik.

Upaya pengelolaan lingkungan PT Timah tidak hanya difokuskan pada tanggung jawab lingkungan tetapi juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Upaya perusahaan untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dengan keberlanjutan lingkungan merupakan kunci keberhasilan jangka panjang kami. PT Timah terus meningkatkan standar operasionalnya agar lebih ramah lingkungan dan memberikan dampak positif bagi alam dan masyarakat,” kata Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.