Mikron Antariksa: Angka Kepatuhan Penggunaan Masker Sepekan Terakhir Menurun

oleh -174 Dilihat

Pangkalpinang – Kilas Babel – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19 terutama dalam penggunaan masker.

Sebab, kata Mikron, berdasarkan monitoring kepatuhan dalam menerapkan prokes yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia selama satu pekan terakhir, tingkat kepatuhan penerapan prokes di Babel menurun.

“Monitoring ini dilakukan di 70 titik dimana angka kepatuhan memakai masker 84,72 persen. Angka ini turun dibanding pekan sebelumnya, dari 91,78 rerata nasional. Sementara angka kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan 95,63 persen, naik dibanding pekan sebelumnya, dari 90,19 persen rerata nasional,” ujar Mikron kepada kilasbabel.com, Kamis (23/12/2021).

Menurutnya, dari data tersebut menggambarkan bahwa tingkat kepatuhan dan kesadaran dalam menerapkan prokes 6M khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung satu pekan terakhir ini mengalami penurunan terutama dalam penggunaan masker, sementara perilaku menjaga jarak tetap stabil.

“Tentu saja hal ini menjadi kabar kurang baik dan mencemaskan di tengah ikhtiar kita bersama dalam menghadapi serta mengantisipasi dan mempersiapkan diri terhadap ancaman gelombang ke-III yang ada di depan mata berupa variant of concern maupun mutasi baru Covid-19 yang saat ini sudah melanda Negara Jiran,” terang Mikron.

Karena itu, dikatakan Mikron, pihaknya tak bosan-bosan terus mengajak semua masyarakat untuk membiasakan prokes 6M dalam kehidupan sehari-hari mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau hand sanitizer, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Upaya ini, tambahnya, sebagai bagian dari tanggung jawab dan kesadaran kolektif agar pandemi Covid-19 ini bisa terkendali dan segera berakhir.

“Jadi jangan abai apalagi menyepelekan Covid-19, karena sudah banyak korban terpapar, yang sembuh dan kembali sehat pun juga banyak, namun tidak sedikit yang kemudian tak tertolong dan berujung kepada kematian/meninggal dunia. Protokol kesehatan adalah cara paling sederhana dan mudah serta murah agar kita dan orang-orang di sekitar kita tidak terpapar Covid-19. Itu artinya ada tanggung jawab kita sebagai sesama warga masyarakat, sehingga penularan dan penyebaran Covid-19 tidak meluas dan menjadi masif di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kita cintai ini. Setiap kali melakukan interaksi sosial mari kita selalu ingat pesan ibu “MASKERKU MELINDUNGI KAMU, MASKERMU MELINDUNGI AKU. KITA SALING MELINDUNGI”,” tukas Mikron.(dom007)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.