Alhamdulillah, Forum Penghulu Bangka Tengah Dikukuhkan Bupati

oleh -153 Dilihat

KILAS BABEL.COM – Pemkab Bangka Tengah gelar silaturahmi antara Bupati Bangka Tengah dengan penghulu se-Kabupaten Bangka Tengah sekaligus pengukuhan pengurus Forum Komunikasi Penghulu (FKP) periode Tahun 2021-2023, di pendopo Rumah Dinas Bupati Bangka Tengah, Jumat (28/01).

Algafry Rahman dalam sambutannya mengatakan bahwa penghulu dan penyuluh agama adalah profesi mulia yang sangat dibutuhkan oleh segenap masyarakat. Ia berharap penghulu bisa memberikan penyuluhan agama kepada masyarakat dan menjalankan tugas dan kewajibannya secara profesional.

“Pengurus Forum Komunikasi Penghulu se-Kabupaten Bangka Tengah saya harap dapat bersinergi dengan organisasi profesi lainnya dalam menguatkan berbagai program pengembangan dan pembinaan keumatan sekaligus menjadi wadah pemersatu bagi para penghulu dalam membangun kualitas dan profesi yang dimiliki,” terangnya.

Sementara itu H. Syamsuri Ali selaku Ketua Forum Komunikasi Penghulu mengatakan bahwa Penyuluh Agama adalah seseorang yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang oleh pemerintah untuk melaksanakan bimbingan keagamaan. Tugasnya yakni membimbing umat dan mengembangkan visi misi Kementerian Agama, yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, sejahtera lahir batin.

“Dikukuhkannya Forum Komunikasi Penghulu Bangka Tengah supaya forum ini ada titik terangnya dan diakui keberadaannya ditengah-tengah masyarakat khususnya di Bangka Tengah,” ujar Syamsuri.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari usulan di pengajian sebelumnya, yakni agar penghulu se-Kabupaten Bangka Tengah mendata anggota IRMAS (Ikatan Remaja Masjid) Bangka Tengah, mendata calon peserta pelatihan pengurusan jenazah, calon peserta pelatihan kader khotib, mendata rumah ibadah dan kelompok pengajian atau Majelis Taklim se-Kabupaten Bangka Tengah.

Pendataan ini dimaksudkan untuk memudahkan Pemkab Bangka Tengah mengundang Majelis Taklim atau IRMAS untuk ikut serta dalam pengajian yang diadakan oleh Pemkab Bangka Tengah sekaligus menyiapkan kader-kader penerus yang unggul kedepannya.

Pertemuan penghulu hari ini juga bertujuan untuk mempererat jalinan tali silaturahmi, menjaga rasa kebersamaan serta meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama.

“Para penghulu memiliki peran sangat penting di tengah masyarakat dan sebagai bagian dari perangkat pemerintah dalam menegakkan syariah dan syiar Islam,” tambah Bupati.

Hadir pada kesempatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesra, Plt. Kepala Bagian Kesra, Ketua Forum Komunikasi Penghulu (FKP) Kabupaten Bangka Tengah, dan seluruh penghulu se-Kabupaten Bangka Tengah.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah.

 

Sumber dan foto : bangkatengahkab.go.id

Editor : Rakha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.