Begini Sejarah dan Fakta-Fakta Penting Tentang Imlek

oleh -213 Dilihat

KILAS BABEL.COM – Asal-usul Imlek atau Chinese New Year penuh dengan legenda. Imlek merupakan salah satu perayaan paling penting dalam budaya Tiongkok.

Tahun ini, Imlek diperingati pada 1 Februari 2022. Perayaan Imlek ini identik dengan Barongsai, Angpao, hingga dekorasi berwarna merah.

Untuk mengetahui mengenai asal-usul Imlek, simak rangkuman informasinya berikut ini.

Asal-Usul Imlek: Berawal dari 3.500 Tahun yang Lalu

Melansir dari ChinaHighlights, awal mula perayaan Imlek berasal dari 3.500 tahun yang lalu. Beberapa orang percaya bahwa Imlek berasal dari Dinasti Shang (1600-1046 SM).

Pada saat itu orang mengadakan upacara pengorbanan untuk menghormati dewa dan leluhur pada awal atau akhir setiap tahun. Namun, saat ini perayaan Imlek sudah berkembang dan ada sejumlah adat istiadat yang sudah ditinggalkan.

Asal-Usul Imlek: Legenda Monster Bernama Nian

Dilansir dari situs Britannica, awal mula Chinese New Year atau Imlek penuh dengan legenda. Salah satu legenda mengatakan bahwa ribuan tahun yang lalu monster bernama Nian akan menyerang penduduk desa pada hari pertama setiap tahun baru.

Dikatakan bahwa seorang lelaki tua yang bijaksana mengetahui bahwa monster itu takut dengan suara keras, cahaya terang, dan warna merah. Kemudian, orang-orang memasang lentera merah dan gulungan merah di jendela dan pintu mereka untuk mencegah Nian masuk

Sejak saat itu, dikatakan bahwa Nian tidak pernah datang lagi. Maka dari itu, sampai sekarang, Imlek dirayakan dengan petasan, kembang api, dan pakaian serta dekorasi berwarna merah.

Asal-usul Imlek: Tahun ini Merupakan Tahun Harimau

Dilansir dari CNN, perayaan Imlek menggunakan panduan kalender lunar Tiongkok. Kalender lunar didasarkan pada siklus bulan, sehingga tanggal Imlek sedikit berbeda dari tahun ke tahun. Tahun ini, Imlek jatuh pada tanggal 1 Februari.

Setiap tahun dalam kalender lunar diwakili oleh salah satu 12 hewan. Berdasarkan penanggalan China, tahun 2022 ini merupakan tahun Harimau.

Salah satu legenda cina mengungkapkan asal-usul mengapa budaya Tiongkok menamakan tahun mereka dengan nama hewan. Legenda mengatakan bahwa Buddha meminta semua hewan untuk bertemu dengannya pada hari Imlek dan menamai tahun sesuai dua belas hewan yang datang.

Adapun 12 hewan dalam penanggalan China di antaranya:

  • anjing
  • babi/babi hutan
  • tikus
  • lembu
  • harimau
  • kelinci
  • naga
  • ular
  • kuda
  • domba
  • monyet
  • ayam jago

Menurut legenda China, orang yang lahir di setiap tahun hewan memiliki beberapa ciri kepribadian dari hewan tersebut. Harimau dikenal sebagai raja dari semua binatang di Cina dan zodiak ini dikaitkan dengan kekuatan, mengusir kejahatan dan keberanian.

Asal-usul Imlek sekarang sudah diketahui. Simak informasi lainnya terkait perayaan Imlek yang sudah kami rangkum berikut ini.

Setelah mengetahui asal-usul imlek, simak pula tradisi perayaan Imlek di halaman berikutnya.

Tradisi Perayaan Imlek

China dan komunitas China di seluruh dunia. Imlek merupakan perayaan terpanjang dan terpenting dalam kalender lunisolar China. Maka dari itu, ada sejumlah tradisi yang khusus dilakukan orang Tionghoa saat Imlek

Dilansir dari Britannica, salah satu tradisi yang dilakukan saat Imlek adalah dengan membersihkan rumah secara menyeluruh. Kegiatan ini dipercaya bisa membebaskan penghuni rumah dari nasib buruk.

ahun Baru China juga dirayakan dengan Festival Lentera. Festival Lentera merupakan acara dimana orang-orang menggantung lentera bercahaya di kuil atau membawanya selama parade di malam hari.

Naga merupakan simbol keberuntungan di Tiongkok, maka dari itu, Tahun Baru China juga diperingati dengan tarian naga di sejumlah daerah. Tarian tersebut melibatkan naga panjang berwarna-warni yang dibawa melalui jalan-jalan oleh banyak penari naga, atau biasa disebut barongsai.

Sumber : detik.com

Foto : Suara Surabaya

Editor : Rakha

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.