1.200 Pelajar SMP di Pangkalpinang Ikuti Giat Penguatan 4 Pilar Kebangsaan

oleh -134 Dilihat
1.200 pelajar SMP se-Pangkalpinang mengikuti giat Penguatan 4 Pilar Kebangsaan sekaligus sosialisasi gerakan anti narkoba dan perundungan di Pia Hotel, Senin (21/11). (bond)

KILASBABEL.COM – Sedikitnya 1.200 pelajar sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Pangkalpinang dilibatkan dalam giat Penguatan Empat Pilar Kebangsaan sekaligus sosialisasi gerakan anti narkoba dan perundangan, Senin (21/11) bertempat di Pia Hotel.

Dalam kegiatan ini, sedikitnya ada empat narasumber yang dihadirkan, yakni Badan Kesbangpol Pangkalpinang, Kejari Pangkalpinang, BNNK Pangkalpinang dan Polres Pangkalpinang.

Untuk Badan Kesbangpol Pangkalpinang dan Kejari Pangkalpinang memberikan materi terkait empat pilar kebangsaan, sedangkan BNNK Pangkalpinang dan Polres Pangkalpinang menyampaikan materi terkait penyuluhan anti narkoba dan perundungan bagi pelajar.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Pangkalpinang Donal Tampubolon menyambut baik kegiatan yang diinisiasi Dindikbud Pangkalpinang. Terlebih, katanya, pembinaan karakter melalui nilai empat pilar kebangsaan.

“Kita ketahui bersama, empat pilar kebangsaan itu kan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Binneka Tunggal Ika. Dan kita lihat saat ini, nilai-nilai tersebut mulai pudar. Makanya, nilai-nilai ini perlu kita ajarkan kembali, agar para generasi bangsa saat ini tidak lupa. Karena saat ini banyak masyarakat yang lupa akan empat hal tersebut, jadi pemerintah dan sekolah perlu mengajarkan kembali hal tersebut kepada para pelajar,” kata Donal.

Menurut Donal, saat ini ada beberapa masalah dan tantangan yang dihadapi negara diantaranya memudarnya nilai pancasila, pengaruh budaya luar terhadap generasi muda yang tidak sejalan dengan nilai-nilai pancasila, tidak memandang nasionalisme, penolakan demokrasi sebagai sebuah sistem pemerintahan, munculnya gerakan – gerakan baru yang menolak demokrasi dan menguatnya primordialisme ditengah masyarakat dan penyebaran radikalisme atas nama agama.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini kita mengajak para peserta didik untuk menanamkan kembali nilai nilai empat pilar kebangsaan itu. Mari kita pupuk rasa kebersamaan, karena inti dari empat pilar ini adalah adanya tenggang rasa dan wawasan kebangsaan kita memandang Indonesia adalah satu kesatuan,” tukas Donal.(bond)

 

Editor : Rakha

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.